Cara mengatasi android yang mati total atau bootlop

Android tiba-tiba mati total alias tidak bisa dinyalakan ataupun stuck di boot yang kerap di sebut bootloop memang sangat membuat panik, terkadang hal ini terjadi karena pemilik hp telah melakukan perubahan pada android atau mengopreknya tapi tidak jarang juga terjadi kepada mereka yang tidak melakukanya alias tanpa sebab, lalu bagaimana cara mengatasi kondisi Android yang sedang mati total ataupun bootloop.

Sebenarnya terdapat cara yang sangat mudah dan simple bahkan tanpa membutuhkan bantuan software ataupun file tambahan, Factory Reset ataupun mengembalikan pengaturan hp ke setelan pabrik. Untuk melakukan Factory reset sendiri caranya cukup mudah dalam keadaan android mati kita tinggal menekan tombol POWER + VOL +/-  (beberapa jenis Hp mungkin berbeda).

Mari kita terlebih dahulu mengenal beberapa jenis bootloop yang terjadi pada android :
1. Light Bootloop
Biasanya terjadi saat pemakaian Android dalam keadaan normal tapi tiba-tiba hh nonaktif ataupun restart dan hanya berhenti sampai logo
2. Medium Bootloop
Biasanya terjadi karena pengguna mengotak-atik system recovery Hp ataupun melakukan proses yang berhubungan dengan pembukaan System (rooting)
3. Hard Bootloop
Yang satu ini hampir sama dengan yang kedua tapi jauh lebih para karena pemakai biasanya telah mengutak-atik system bawahan atau OS.

Pada dasarnya semua bootloop bisa di selesaikan dengan proses factory reset, hanya saja cara ini memiliiki dampak yang merugikan karena setiap data kita akan hilang dan memerlukan proses backup jika tidak kita harus mengistal data Apk kembali ataupun lainnya.

Berikut langkah melakukan Factory reset :
1. Tekan dan tahan tombol Power + Vol +/- lalu masuk ke menu recovery mode android
2. Lalu gunakan tombol Vol +/- untuk memindahkan pilihan ke Factory reset / wipe data
3. Tekan Tombol Home/Power lalu tunggu beebrapa saat Android sedang memproses
4. Reboot HP

Itu lah info tentang mengatasi android yang sedang bootloop dengan fitur Factory reset tapi jika android anda tidak kunjung membaik atau tidak ada perubahan maka tidak ada cara lain selain melakukan Flash Firmware atau instal ulang.

Cara mengatasi android yang mati total atau bootlop Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown